rss

Wednesday, 26 December 2012

Kalender suku Maya

Hari terakhir dari kalender suku Maya sesuai dengan Winter Solstice (atau Solstice Desember), yang memainkan peran penting dalam banyak budaya di seluruh dunia. Maya tidak menciptakan kalender, itu digunakan oleh kebanyakan budaya di Amerika Tengah pra-termasuk Maya-dari sekitar 2000 SM sampai abad ke-16. Peradaban Maya mengembangkan kalendar lebih lanjut dan itu masih digunakan di beberapa komunitas Maya hari ini. Roda bekerja sama


Kalender Maya terdiri dari tiga terpisah sesuai kalender, hitungan panjang, Tzolkin (ilahi kalender) dan Haab (kalender sipil). Waktu bersifat siklis di kalender dan sejumlah set hari harus terjadi sebelum dapat memulai siklus yang baru.
Kalender tiga digunakan secara bersamaan. Tzolkin dan Haab mengidentifikasi dan nama hari-hari, tetapi bukan tahun. Tanggal hitungan panjang datang pertama, kemudian tanggal Tzolkin dan Haab tanggal terakhir. Tanggal Maya khas akan membaca: 13.0.0.0.0 4 Ahau 8 Kumku, dimana 13.0.0.0.0 adalah tanggal hitungan panjang, 4 Ahau adalah tanggal Tzolkin dan 8 Kumku Haab tanggal.

Tipe kalender
Kalender Gregorian
Kalender Julian
Kalender Maya
Kalender Romawi
Imlek
Kalender suku Maya
Kalender suku Maya

Haab
Haab adalah kalender matahari 365 hari yang terbagi menjadi 18 bulan 20 hari dan satu bulan yang hanya 5 hari panjang (Uayeb). Kalendar memiliki cincin luar dari mesin Maya terbang (gambar) yang mewakili masing-masing 19 bulan. Setiap hari diwakili oleh beberapa bulan yang diikuti dengan nama bulan. Glyph masing-masing mewakili kepribadian yang terkait dengan bulan.

Haab agak tidak akurat karena persis 365 hari panjang. Sebenarnya tropis atau tahun solar adalah 365.2422 hari panjang. Dalam
kalender Gregorian, hari ini kita menyesuaikan ketidaksesuaian ini
dengan membuat hampir setiap tahun keempat tahun lompat dengan
menambahkan satu hari ekstra-lompatan hari-pada 29 Februari.
Tzolkin
Kalendar ilahi ini juga dikenal sebagai suci bulat atau Tzolkin yang berarti “distribusi hari-hari”. Ini
adalah kalender 260 hari, dengan periode 20 13 hari yang digunakan
untuk menentukan saat acara-acara keagamaan dan seremonial.
Setiap hari adalah nomor dari satu sampai tiga belas tahun, dan diulang. Hari juga diberikan nama (glyph) dari urutan nama 20 hari. Kalendar berulang setelah setiap siklus.
Long Count atau Hitungan panjang
Hitungan panjang merupakan kalendar astronomi yang digunakan untuk melacak waktu, apa yang disebut Maya “siklus universal”. Setiap siklus dihitung sebagai hari-hari 2,880,000 (sekitar 7885 tahun solar). Maya percaya bahwa alam semesta adalah hancur dan kemudian diciptakan pada awal setiap siklus universal. Kepercayaan ini masih mengilhami segudang bernubuat tentang akhir dunia.

“Tanggal penciptaan” siklus saat ini kita berada dalam hari ini, adalah 4 Ahaw, 8 Kumku. Menurut
konversi paling umum, tanggal ini setara dengan Agustus 11 3114 SM
dalam kalender Gregorian atau 6 September dalam kalendar Julian.
Gambar diambil dari http://mayancalendars.org/wp-content/uploads/2012/06/mayan-calendar_bigger.jpg

0 comments:

Popular

Recommended Tools

Custom Search

Subscribe to blog network by Email - Langganan blog ini lewat email anda! Gratis!

Blog Archive

ss_blog_claim=83fb0263e275a3b7ce0dc62e2c4e986a
 
Add to Technorati Favorites
100 Blog Indonesia Terbaik
Sorry shoutbox gone for awhile.

About Me

My photo

I have an extraordinary hobby.. web design lover even I still learn it nowadays.